Mengenal Komponen Komputer




Dalam ilmu komputer, hal paling dasar yang harus diketahui oleh Anda adalah komponen-komponen pada komputer. Secara umum, komponen-komponen komputer terbagi dalam 2 jenis, yaitu Software (Perangkat Lunak) dan Hardware (Perangkat Keras).  

Software adalah semua program yang digunakan dalam menjalankan fungsi komputer, seperti Microsoft Office, Macromedia, Paint, Internet Explorer, bahkan Virus sekalipun. Sedangkan Hardware merupakan bagian-bagian fisik komputer,, seperti monitor, keyboard, mouse, speaker, processor, harddisk , dan motherboard.

Pada Rangkaian Hardware , bagian yang sering Anda lihat hanyalah Monitor, speaker, keyboard , mouse , dan casing (bungkus CPU). Lalu, dimana letak DVD-ROM, Memori,Processor,Harddisk , dan Motherboard? Komponen-komponen tersebut terletak di dalam CPU. Demikian beberapa Hardware yang terletak dalam CPU:
a.Motherboard/ Mainboard
Merupakan rumah bagi semua hardware , karena disini semua perangkat keras komputer dihubungkan dan di bagian inilah aliran keluar masuk data berjalan.



b.Processor
Processor merupakan eksekutor semua perintah yang diproses oleh komputer .










c.RAM (Random Access Memory)
RAM adalah tempat penyimpanan data saat proses dalam komputer sedang berlangsung.











d.Harddisk
Harddisk berfungsi untuk menyimpan semua data atau file yang telah kita buat/simpan, baik itu merupakan lagu,gambar,video,juga file-file Microsoft Office, dll. Biasanya jika kita membeli sebuah Harddisk Eksternal yang di bungkusnya tertulis 80 GB, ketika kita hubungkan ke Komputer , yang terbaca hanya sekitar 75GB, Hal ini dikarenakan ada proses format yang menyimpan beberapa file di Harddisk tersebut sehingga ukurannya tampak berkurang.










e.CD/DVD Drive
Penggerak CD/DVD, suatu drive untuk merekam atau memainkan CD/DVD . Yang paling sering dijumpai adalah CD-ROM(Hanya bisa membaca CD), CD-RW (Membaca dan menulis di CD), DVD-ROM (Membaca CD dan DVD), DVD Combo (Membaca CD dan DVD, menulis CD), dan DVD-RW (Membaca dan menulis di CD juga DVD).









 

f.VGA Card
Perangkat Output ini bertugas untuk mengolah data menjadi tampilan Grafis atau Teks di layar Monitor.














g.Input/Output Ports
Input/Output ports pada umumnya terletak pada bagian belakang casing CPU dan berfungsi sebagai jalur keluar masuknya data dari dan ke dalam CPU. Pada bagian inilah dipasangkan berbagai jenis kabel sesuai dengan colokan yang terdapat pada masing-masing Hardware. Input/Output ports ini terkadang berbeda antara satu mainboard dengan mainboard lainnya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat mengenalinya dari Warna, Jumlah Pin Konektor, maupun dari Bentuknya. 








Please Click This Link Below to Subscribe Ledakan Lemon
SUBSCRIBE
CTRL+D to Bookmark This Page
Click Follow Button on The Left-Top Corner of this page to Follow this Blog

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar